Bagaimana Cara Mendapat Uang Melalui Blog?

Apakah kamu sudah memiliki blog dengan domain kamu sendiri? Atau kamu masih memakai blog gratisan dengan fitur-fitur terbatas?

Jika kamu belum memiliki blog dengan domain kamu sendiri, alangkah baiknya kalau kamu segera memiliki blog dengan domain sendiri. Biar ga terlihat noob, hehehe.

Kalau kamu masih memakai blog gratisan, tidak salahnya kalau kamu sudah bisa mempertimbangkan untuk memiliki blog sendiri dengan fitur-fitur yang lengkap. Apalagi sekarang sudah tahun 2020 dan ga zamannya lagi pakai gratisan, hihihi.

membangun blog, mendapat uang melalui blog
Membangun sebuah blog untuk investasi masa depan. Gambar dari Pixabay.


Oke, sebenarnya salah satu tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengajak kamu-kamu yang senang menulis tapi belum punya blog dengan domain dan hosting sendiri. Kenapa harus punya blog? Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari blog sendiri salah satunya adalah bisa menghasilkan uang.

Saat ini banyak lho penyedia layanan yang menawarkan domain dan hosting murah salah satunya yang tak perlu diragukan lagi adalah Qwords.

Sesuai dengan jargonnya, Qwords merupakan penyedia jasa cloud web hosting Indonesia dengan pelayanan terbaik dan harganya murah dengan diskon nama domain. Meskipun Qwords menawarkan hosting murah, tapi performanya tidak murahan dan sangat optimal. Dengan uang Rp. 14.500 per bulan kamu sudah bisa mendapatkan 1GB kapasitas cloud web hosting dan gratis nama domain. Gampang kan?

hosting murah, internet, teknologi, qwords,
Qwords menawarkan banyak promo

Tiga Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Setelah kamu memiliki blog sendiri, kini saatnya kamu membangun blog sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Tulislah konten-konten yang padat dan memberikan manfaat kepada pembaca secara luas. Jika konten kamu disenangi orang, tentu trafik pengunjung blog akan meningkat. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke blog kita, tentu kita akan berpikir keras bagaimana caranya agar blog kita menghasilkan uang.

Tapi sebelum kamu berpikir untuk mendapatkan uang secara instan melalui blog, kamu harus mengubur dalam-dalam impian itu. Saya tidak menyarankan kalian untuk mendapatkan uang melalui blog dalam jangka waktu 1 tahun. Butuh proses dan kesabaran untuk mengembangkan sebuah blog yang dapat menghasilkan uang. Anggap saja blog yang sedang kamu kembangkan saat ini merupakan investasi bagi masa depan.

Jangan pernah melihat keberhasilan para blogger lain dari segi pendapatan mereka. Sebelum mereka berhasil, mereka sudah pernah mengalami kegagalan-kegagalan. Pelajarilah kegagalan demi kegagalan tersebut untuk mencapai kesuksesan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog? Ada banyak cara bagi blogger untuk mendapatkan uang melalui blog. Berikut ini beberapa cara mendapatkan uang melalui blog.

Memanfaatkan Iklan

Tidak bisa dipungkiri jika Google Adsense masih menjadi pilihan utama bagi para blogger untuk mendapatkan uang melalui blog. Jika kamu merasa blog kamu sudah layak untuk diberi ruang bagi iklan, maka segeralah mendaftar untuk menjadi bagian dari Google Adsense.

bisnis online, mendapat uang melalui blog
Memanfaatkan iklan di dalam blog. Gambar dari pxhere.com

Namun untuk mendapatkan persetujuan dari Google Adsense ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Saya beberapa kali pernah ditolak oleh Google Adsense, tapi saya tidak pernah menyerah. Kegagalan saya lebih disebabkan karena saya tidak sabar untuk membangun konten-konten bermutu.

Google Adsense bukan satu-satunya “pemberi uang” untuk blog kita. Ada banyak cara agar kita bisa mendapatkan uang melalui blog. Beberapa saingan Google Adsense yang bisa dijadikan alternatif lain misalnya Adnow, RevenueHits, Advertising Native, MGID, PayClick, Infolinks, dan lain-lain.

Mengikuti Lomba 

Kalau kita rajin menulis artikel di blog tidak ada salahnya kita mengikuti lomba blog. Ada banyak variasi lomba blog yang bisa diikuti dengan tawaran hadiah menggiurkan. Keuntungan mengikuti lomba blog salah satunya adalah memperkaya konten blog kita dengan tulisan berkualitas. Kita pasti akan menulis artikel dengan bagus agar artikel tersebut menang.
Nah, salah satu lomba yang bisa kamu ikuti adalah lomba tulis artikel dapat uang. Lomba ini diselenggarakan oleh Qwords, situs web yang menyediakan layanan hosting murah
Semakin banyak lomba blog yang kamu ikuti, peluang untuk menang semakin besar. Tapi jika kamu belum beruntung, jangan patah semangat. Teruslah berusaha dan belajar untuk mendapatkan hasil maksimal.

Program Afiliasi

Program afiliasi adalah sebuah program kemitraan antara pihak penjual (penyedia barang) dan pihak pemasar (pemilik blog). Kita bisa mengulas sebuah produk yang disediakan oleh pihak penjual dan berusaha menarik minat pembeli setelah membaca hasil ulasan kita. 
Jika produk terjual maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan bersama. Semakin banyak produk yang kita ulas, peluang untuk mendapatkan komisi juga semakin besar. 
Salah satu program afiliasi yang layak kamu coba adalah afiliasi Qwords penyedia hosting murah. Ketika kamu mendaftar program afiliasi ini, kamu otomatis sudah mendapatkan saldo sebesar Rp. 50.000.
hosting murah, program afiliasi, qwords, gratis domain
Cara kerja afiliasi Qwords, penyedia hosting murah
Kamu juga bisa mencoba untuk mendaftarkan diri di beberapa toko online yang menyediakan program afiliasi, seperti Lazada, Lazora, Bhinneka, Bibli, dan lain-lain. Program afiliasi juga dibutuhkan kesabaran yang luar biasa. Jadi tidak serta merta kita dapat memperoleh uang secara instan.

Alternatif Lain

Selain tiga cara di atas, ada banyak alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang melalui blog. Jika kamu punya keahlian khusus, saatnya kamu menjual produk-produk yang kamu hasilkan. Kamu juga bisa menawarkan jasa-jasa kepada pengunjung blog.

Sekarang pilihan ada di tangan kamu sendiri. Selamat berkarya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *