Jokowi dan Sepeda Motor

jokowi naik motor, kawasaki, kawasaki w175Masih ingat dengan aksi Jokowi membawa sepeda motor saat pembukaan Asian Games 2018? Aksi ini dianggap nyentrik dan menuai pujian dari beberapa negara peserta Asian Games. Aksi yang tak lazim dari seorang kepala negara ini sangat memukau walaupun ada peran stuntman di sana. Namun ide dan kreatifitas pada acara tersebut layak dipuji karena sangat menghibur.
Jokowi diketahui memiliki ketertarikan dengan sepeda motor terutama motor costum. Ketertarikan pada motor costum dikaitkan dengan usaha Jokowi yang mendukung penuh industri kreatif anak bangsa. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa Jokowi memiliki beberapa koleksi sepeda motor, di antaranya adalah moge Royal Enfield Bullet 350 bergaya chopper.

Selain itu ada juga Kawasaki W175 bergaya chopper yang dibawanya saat touring di jalan raya. Konon seorang mahasiswa menggugat aksi Jokowi ini karena tidak menyalakan lampu di siang hari saat touring.

Dalam sebuah laporan kekayaan harta bergerak Jokowi tahun 2014 disebutkan juga bahwa Jokowi memiliki beberapa sepeda motor yaitu Yamaha Mio dan Vega. Kedua motor ini sudah dimiliki sejak lama.

Sepeda Motor Jokowi

Selain dari jenis sepeda motor di atas, Jokowi pernah terlihat menggunakan beberapa model sepeda motor lainnya. Sebut saja Kawasaki KLX 150 BF SE yang pernah dijajalnya saat meninjau jalan trans Papua di ruas Wamena-Habema pada Juni 2017. Sepeda motor jenis trail ini dirancang khusus untuk Jokowi dengan plat kendaraan RI 1. Trail ini juga pernah digunakan Jokowi saat meninjau tambak udang dan lahan hutan mangrove di Bekasi.

Saat kunjungan Jokowi ke Papua April 2018, Jokowi terlihat menggunakan sepeda motor listrik WIM Motor Zero 8i. Dengan membonceng ibu negara, Jokowi menyapa suku Asmat di Papua. Motor listrik ini diproduksi oleh WIM Cycle yang dulu dikenal sebagai produsen sepeda.

Sepeda motor lain yang ditunggangi oleh Jokowi adalah Yamaha FZ1 saat pembukaan Asian Games 2018. Motor ini memiliki cc tinggi sekitar 998 cc dan 150 daya kuda. Sebuah kekuatan yang tak perlu diragukan lagi.

Menjajal Perbatasan

Kawasaki W175 yang sudah dicostum ternyata menjadi salah satu sepeda motor yang disukai oleh Jokowi. Dalam suatu kesempatan Jokowi pernah menjajal jalan perbatasan dengan sepeda motor hijaunya itu. Tidak tanggung-tanggung beliau menempuh lebih kurang 11 km dengan sepeda motor itu.

Aksi Jokowi ini dimulai dari Bandara Yuvai Semaring bersama sejumlah menteri dan pejabat negara lain, Jokowi menjajal perbatasan jalan trans Kalimantan yang sedang dalam tahap pembangunan. Jalan tersebut merupakan jalan yang dibangun antara perbatasan Indonesia dengan Malaysia mencapai 966 kilometer.

Mahasiswa Gugat UU Lalu Lintas dan Angkutan Karena Aksi Bermotor Jokowi

Dua orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia yang bernama Eliadi Hulu dan Ruben Saputra menuntut Undang-undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan. Pasal yang digugat tepatnya pada pasal 107 ayat 2 dan pasal 293 ayat 2 UU Nomor 2 tahun 2009 itu.

Kedua pasal tersebut mengharuskan setiap pengguna sepeda motor untuk menyalakan lampu pada siang hari. Kedua mahasiswa ini tidak setuju terhadap isi pasal tersebut dan sangat tidak masuk akal.

Mereka juga mempertanyakan aksi-aksi Jokowi selama melakukan touring atau meninjau suatu proyek dengan sepeda motornya tapi tidak pernah menyalakan lampu. Ini jelas tidak adil menyangkut dengan hak dan persamaan.

Meskipun muncul perdebatan tentang hak seorang presiden dan rakyat terhadap boleh tidaknya menyalakan lampu sepeda motor di siang hari, seharusnya presiden memberika contoh yang baik. Diharapkan untuk setiap aksi bermotornya, Jokowi diwajibkan untuk menyalakan lampu sepeda motor.

Alasan kedua mahasiswa UKI menggugat undang-undang di atas dipicu karena pernah ditilang oleh polisi lalu lintas karena tidak menyalakan lampu sepeda motornya. Mahasiswa ini bersikeras dan sempat melakukan protes tapi tidak puas dengan jawaban petugas lalu lintas.

Jika undang-undang ini dikabulkan oleh mahkamah, barangkali kita yang mendukung aksi mahasiswa ini bisa mengucapkan terima kasih. Saya sendiri juga tak sepenuhnya setuju untuk menyalakan lampu sepeda motor di siang hari. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *