Jokowi Kuliner Perkenalkan 3 Makanan Aceh

Jokowi Kuliner Aceh

Channel Youtube Jokowi Kuliner atau #jkwkuliner kembali memperkenalkan 3 makanan Aceh. Peluncuran Jokowi Kuliner Aceh Episode 2 ini dilakukan seminggu sebelum kunjungan Jokowi ke Aceh. Kunjungan tersebut dilakukan pada tanggal 21 dan 22 Februari 2020.

Vlog Jokowi Kuliner ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Apalagi Jokowi secara tidak langsung telah mempromosikan beberapa kuliner dari beberapa daerah di Indonesia. Untuk Jokowi Kuliner Aceh sendiri telah memiliki 2 episode.

Pada episode 1 yang berdurasi 12.09 menit, Jokowi Kuliner Aceh telah memperkenalkan Kopi Solong, Warung Nasi Kambing Lem Bakrie, Mie Razali, Bu Si Itek Bireuen. Untuk episode 2 yang berdurasi 09.27 menit, Jokowi Kuliner Aceh memperkenalkan RM Hasan, Ring Road Coffee, dan Banda Seafood.

RM Hasan atau Warung Nasi Hasan

Jokowi Kuliner Aceh
Beberapa menu masakan di RM Hasan. Foto dari Channel Youtube Presiden Jokowi.

RM Hasan dengan menu andalannya kuah beulangong (kari kambing) telah dirintis sejak tahun 1986. Selain kari kambing, menu andalan lain di sini adalah ayam goreng panas, ayam tangkap, ikan gabus. Keunikan dari RM Hasan ini adalah memasak dengan menggunakan kayu.

Pemilik RM Hasan beralasan bahwa masak dengan kayu memiliki cita rasa yang enak, wangi, dan empuk dagingnya beda. Tidak ada rahasia khusus kenapa masyarakat menyukai menu masakan di RM Hasan ini. Bumbu masak yang digunakan sebenarnya sama seperti rumah makan lain. Yang beda hanya takaran bumbunya saja. Skill ini yang harus dimiliki oleh seseorang. Skill untuk menentukan takaran bumbu masak dalam setiap jenis masakan.

Pelayanan di RM Hasan juga sangat cepat. Ketika ada pengunjung sebanyak 5 orang, maka pelayan pun dengan sigap menyajikan 5 kari kambing, 5 porsi ayam, 5 piring nasi, dan 5 gelas minuman air putih. Walaupun pengunjung tidak menyentuh semua hidangan tersebut.

Baca Juga: Ikan Mulus, Jokowi, dan Aceh

Pak Hasan banyak bercerita tentang usaha yang dirintisnya. Dia adalah anak orang miskin. Pulang sekolah dia bekerja paruh waktu. Setelah lama bekerja pada orang lain, Pak Hasan pun memulai usahanya sendiri. Kunci keberhasilan bisnisnya adalah jujur dan sabar. Tidak boleh iri dan jangan sombong. Rezeki telah diatur oleh Allah.

Ring Road Coffee

Jokowi Kuliner Aceh
Sanger adalah salah satu kuliner andalan dari Ring Road Coffee. Foto dari Youtube Presiden Jokowi.

Jokowi Kuliner Aceh selanjutnya mempromosikan kedai kopi Ring Road Coffee. Kedai kopi ini sekarang dikelola oleh anak muda bernama Afif Ramadhan. Sedangkan kedai kopi ini sendiri telah ada sejak tahun 2010. Afif meneruskan usaha orangtuanya mulai tahun 2017 karena motivasi ingin memajukan kedai kopi tersebut.

Dia memiliki impian agar usahanya harus lebih baik daripada pendahulunya. Oleh karena itu, Ring Road Coffee mengandalkan sanger. Kopi sanger merupakan campuran dari kopi dan kental manis tanpa gula. Sanger merupakan singkatan dari sama-sama ngerti. Entah siapa yang memulai istilah ini. Yang jelas, kopi sanger menjadi menu khas kuliner dari Aceh.

Ring Road Coffee yang buka mulai pukul 09.00 sampai 23.00 WIB ini juga menawarkan nira espresso. Nira merupakan air yang berasal dari pohon enau atau dalam bahasa Aceh dikenal dengan ie jok. Air nira ini lalu dicampur dengan espresso sehingga jadilah dia nira espresso.

Nira espresso belum banyak disajikan di kedai kopi lain. Hanya beberapa kedai kopi saja yang menawarkan nira espresso ini. Lain kedai kopi, tentu juga lain cita rasanya.

Untuk kopi biasa, Ring Road Coffee hanya menawarkan kopi yang bijinya berasal dari Gayo. Alasan pemilihan biji kopi Gayo dikarenakan aromanya lebih harum dan rasa pahitnya beda. Ring Road Coffee sangat konsisten dalam menawarkan rasa yang tetap kepada pengunjungnya. Oleh karena itu, takaran penggunaan susu atau kental manisnya selalu konsisten.

Baca Juga: Rebung, Makanan dari Hutan yang Kaya Nutrisi

Selanjutnya Afif Ramadhan berpesan bahwa dalam menjalankan usaha atau bisnis jangan pernah takut. Setiap usaha pasti pernah mengalami kegagalan. Nah, dari kegagalan-kegagalan kita bisa belajar. Dan yang tak kalah pentingnya bagi seseorang dalam menjalankan bisnis adalah perlunya ridha orang tua. Tanpa ridha, restu, dan doa orang tua, apa pun yang kita lakukan tak berarti apa-apa.

Banda Seafood

Jokowi Kuliner Aceh
Ikan steam Aceh persembahan Banda Seafood. Foto dari Youtube Presiden Jokowi.

Restoran ini telah dibuka sejak tahun 2002. Pemilik Banda Seafood, Abu Bakar Usman berinisiatif untuk membuka restoran ini karena pada saat itu di Banda Aceh belum ada restoran yang representatif. Dengan penuh percaya diri, Abu Bakar Usman membuka usaha warung makan seafood ini.

Banda Seafood mulai buka pukul 10.00 sampai pukul 22.00 WIB. Masakan lada hitam menjadi andalan restoran ini, seperti udang, kepiting, daging, maupun ayam. Untuk masakan lada hitam, Banda Seafood lebih unggul dari yang lain. Tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Menu andalan lain di sini adalah ikan steam Aceh. Keunikan masakan steam Aceh adalah rasa asamnya yang lebih nendang dipadukan dengan rasa pedas yang berimbang.

Menurut Abu Bakar Usman, koki memiliki peran penting dalam menentukan kualitas rasa. Koki dituntut untuk kreatif dalam menyeimbangkan rasa masakan.

Kesuksesan Banda Seafood yang masih bertahan sampai sekarang adalah berkat keberanian beliau dalam berbisnis. Di samping perlunya membaca peluang. Masalah rezeki semuanya sudah diatur oleh Allah. Seperti misalnya ketika Pak Jokowi melirik usahanya. Ini adalah peluang besar bagi kemajuan usahanya. Selain itu juga bisa mengangkat brand kuliner daerah Aceh ke level nasional.

Terima kasih Pak Jokowi telah mampir ke Aceh dan mempromosikan beberapa kuliner Aceh. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat video Bapak Presiden Jokowi secara lengkap di bawah ini.

Jokowi Kuliner Aceh Episode 2 dari Channel Resmi Presiden Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *