Kopi dan Teknologi Blockchain: Peluang Bagi Komoditas Kopi

Berbicara masalah kopi, kita akan membayangkan secangkir air pekat berwarna hitam dengan kepulan asap tipis. Aromanya yang tajam mengundang selera lidah untuk segera menyeruputnya. Bagi sebagian orang kopi adalah bagian dari hidupnya. Mereka akan mengawali hari-harinya dengan secangkir kopi.

Di Indonesia, pecandu kopi merasakan berbagai sensasi luar biasa saat menikmati kopi di warung kopi favorit. Aneka cita rasa kopi dapat dinikmati sesuai selera masing-masing. Ya, Indonesia adalah negeri yang kaya akan kopi. Dunia mengakui bahwa kopi Indonesia merupakan salah satu kopi terbaik berkualitas bagus. Kita tahu ada beberapa jenis kopi Indonesia yang mendunia semisal Kopi Gayo, Kopi Luwak, dan kopi berjenis arabika dan robusta.

Kopi Indonesia juga menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar bahkan menempati peringkat empat besar di dunia. Tentu kita bangga manakala kopi Indonesia menarik perhatian dunia dan investor. Oleh karena itu, untuk memberikan transparansi dalam komoditas kopi diperlukan sebuah sistem teknologi yang mampu mencatat transaksi secara transparan. Nah, teknologi blockchain adalah pilihan yang tepat.

kopi blockchain, komoditas kopi, teknologi blockchain
Token KOPI Blockchain. Gambar diambil dari screenshoot website KOPI Blockchain

The Bencoolen sebagai salah satu brand kopi telah menerapkan teknologi blockchain dengan mendigitalisasi komoditas kopi. Teknologi blockchain ini telah melahirkan sebuah token bernama Kopi Blockchain. Token ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kopi kualitas terbaik Bengkulu, The Beencolen. Jika Anda memiliki 1 KOPI, maka Anda dapat menukarnya dengan 1 kg fine coffee robusta Bengkulu.

Teknologi Blockchain

Apa itu blockchain? Dikutip dari beberapa referensi, blockchain adalah sebuah teknologi berupa buku besar digital tanpa ketergantungan dengan pihak ketiga. Sifat teknologi blockchain terdesentralisasi, dan terdistribusi, dan bersifat publik. Komputer-komputer akan mencatat seluruh transaksi secara transparan dan tidak dapat diubah-ubah.

Berbeda dengan bank, buku besar dalam blockchain diatur oleh beberapa organisasi penyedia layanan. Setiap transaksi dapat dilacak historinya dan inilah yang menjadi kekuatan utama dalam teknologi blockchain.

teknologi blockchain, alur kerja blockchain
Cara kerja blockchain. Gambar diambil dari wikimedia.

Transaksi dilakukan dengan memanfaatkan dompet digital yang diberikan nomor unik. Setiap pengguna dompet digital harus memperhatikan secara teliti angka-angka yang terdapat dalam dompet digital masing-masing. Tapi secara keseluruhan, dompet digital pengguna sangat aman dari peretasan kecuali si pengguna kurang teliti saat bertransaksi.

KOPI Blockchain 

Perlu diingat kembali bahwa KOPI blockchain adalah salah satu token berbasis blockchain. Ia adalah produk dari ERC-20 dan platform Waves.

Istilah produk ERC-20 harus dipahami sebagai token-token yang hanya digunakan dan disupport pada Ethereum. Sederhananya begini, jika Anda memiliki beberapa token KOPI, Anda sudah dapat melakukan transaksi digital bersama token-token lain di bawah naungan ERC-20. Ada beberapa DEX (Decentralize Exchange) yang nantinya menampung ERC-20. DEX ini tidak ubahnya seperti money changer dalam kehidupan nyata.

KOPI blockchain juga didukung oleh WAVES. Ini adalah koin yang dapat ditukar atau diperdagangkan di beberapa exchange besar. WAVES termasuk koin besar dan patut diperhitungkan. Dalam catatan Coin Market Cap, WAVES saat ini berada di peringkat 56 dari ratusan jenis koin atau token.

komoditas kopi, secangkir kopi
Komoditas kopi Indonesia memiliki harapan besar bersama KOPI blockchain

Peluang Bagi Komoditas Kopi

Hadirnya KOPI blockchain tentu menjadi sebuah peluang besar bagi komoditas kopi di Indonesia. Kita tahu bahwa petani kopi di Indonesia kerap mengalami berbagai persoalan, baik persoalan teknis maupun pendistribusiannya. Sulitnya petani kopi memperoleh modal dan rumitnya sistem perdagangan yang tak transparan menjadi alasan kenapa petani kopi Indonesia selalu tertinggal.

Tidak hanya itu, komoditas kopi Indonesia juga mengalami masalah pada hama tanaman, hasil panen yang tidak konsisten, rendahnya penggunaan teknologi pasca panen, lemahnya kelompok tani dalam manajemen kopi, dan masih rendahnya produktivitas dari segi kualitas dan kuantitas.

Untuk menjawab persoalan di atas, KOPI blockchain telah menggandeng brand kopi Bencoolen untuk menerapkan sistem teknologi blockchain. Bencoolen adalah brand kopi pertama yang memanfaatkan digitalisasi untuk memajukan komoditas kopi.

Hasilnya Bencoolen akan menampung sistem perdagangan komoditas kopi menggunakan token KOPI blockchain dengan harga yang sesuai dengan pasar. Pemanfaatan KOPI blockchain sangat menguntungkan bagi petani kopi karena mereka dapat mengontrol sendiri sistem perdagangan secara transparan di seluruh dunia tanpa batas dengan informasi yang luas.

kopi blockchain, alur kerja kopi blockchain
Alur kerja KOPI blockchain

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari penggunaan KOPI blockchain terhadap komoditas kopi, yaitu:

  1. Membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mengelola manajemen kopi dari hulu hingga ke hilir
  2. Mempermudah pemerintah untuk mengendalikan dan hasil perkebunan kopi
  3. Memberikan transparansi produksi kopi jujur
  4. Memfasilitasi proses pembelian kopi dari pembeli ke petani
  5. Memproses kopi menggunakan standar internasional
  6. Meningkatkan permintaan ekspor kopi yang jujur
  7. Memberikan kopi terpercaya dari pembeli karena lebih transparan dan dapat dilacak dari kopi
  8. Mengelola penyimpanan dan gudang yang lebih baik (diambil dari website KOPI Blockchain)
KOPI blockchain diharapkan mampu menjawab berbagai persoalan pelik yang dialami oleh petani kopi sehingga diharapkan dapat membantu petani dalam:
  1. Meningkatkan produktivitas hasil panen kopi
  2. Memantau harga kopi dunia secara akurat
  3. Memberikan peluang bagi penjualan kopi di seluruh dunia
  4. Menghindari biaya distribusi dari agen-agen lokal yang rakus
  5. Menyederhanakan proses transaksi penjualan kopi
  6. Membuat ekosistem kopi menjadi lebih tahan lama
Semoga petani kopi Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dengan sistem teknologi blockchain terpercaya. []

1 thought on “Kopi dan Teknologi Blockchain: Peluang Bagi Komoditas Kopi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *