Menikmati Alam dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya

Menikmati Alam dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya

Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya sering dilalui oleh orang-orang yang melakukan rute perjalanan antara Banda Aceh dan pantai Barat Selatan. Jalannya yang menanjak dan menurun membuat para pengendara harus berhati-hati, apalagi di saat hujan bisa menyebabkan jalan menjadi licin. Sering juga terjadi longsor di daerah Gunung Geurutee. Jika longsor, antrian kendaraan bisa berjam-jam bahkan berhari-hari tergantung tingkat kelongsorannya.

Gunung Geurutee memisahkan Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya. Namun untuk spot pemandangan alam yang menarik, Puncak Gunung Geurutee Kabupaten Aceh Jaya dapat memanjakan mata Anda dengan hijaunya tumbuh-tumbuhan dan birunya laut yang seakan-akan menyatu dengan langit. Seperti yang bisa Anda nikmati pada gambar di atas.

Menikmati Alam dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya
Menikmati kuliner dengan keindahan pemandangan laut di Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya

Saat berada di puncak gunung, deretan warung-warung kecil berjajar rapi. Rata-rata warung menyediakan kopi khas hitam pekat tanpa disaring. Sayangnya, saya benar-benar lupa mengabadikan kopi tersebut. Ini sangat saya sesalkan karena saya terfokus pada pemandangan di depan saya. Insya Allah, jika saya ke sana lagi akan saya foto secangkir kopi tubruk hitam pekat itu (hehehe).

Kopi tubruk Puncak Geurutee sangat berbeda dengan kopi tubruk lain. Rasanya agak sepat dan seperti ada butiran pasir di mulut, namun aromanya sangat harum dan manis. Keunikan kopi di sini jika ditangkupkan pada piring, kopi itu tidak tumpah. Perlahan-lahan tetesannya mengaliri pinggiran piring kecil dan kita bisa menyedot kopi itu dengan pipet. Sruuuuup!!! Rasanya benar-benar nikmat.
Menikmati Alam dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya
Sebuah perahu nelayan kembali ke daratan

Keindahan panorama dari Puncak Gunung Geurutee sungguh menakjubkan. Sebagai hamba Tuhan tidak habis-habisnya kita bersyukur atas nikmat tersebut. Pikiran menjadi tenang saat mata memandang keindahan alam di depan mata. Inilah yang membuat para pengunjung betah berlama-lama di Puncak Geurutee.

Menikmati Alam dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya
Sejauh mata memandang dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya, terlihat horizon langit dan laut seakan menyatu

Jika cuaca sedang cerah, kita bisa benar-benar menikmati perpaduan warna alam yang menyatu seperti gambar di atas. Sejauh mata memandang ke laut, tampaklah garis-garis laut dan langit secara horizontal seperti menyatu sehingga tampak sulit membedakan di antara keduanya.

Menikmati Alam dari Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya
Ini spot wajib untuk foto saat singgah di Puncak Gunung Geurutee Aceh Jaya

Jika ke Puncak Geurutee, jangan lupa untuk singgah di spot ini. Kata orang-orang tidak sah kalau ke Geurutee jika tidak berdiri di spot ini untuk mengabadikan momen. Foto di atas adalah sahabat-sahabat saya saat kami berjalan-jalan ke Geurutee. Karena saya tukang fotonya, saya pun tak nampak di sana 🙁

Itulah perjalanan singkat kami di Geurutee. Meskipun singkat, tapi kami puas menikmati keindahan panorama alamnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *