Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Telah terjadi beberapa peristiwa penting di bulan Rajab. Dalam sejarah Islam, setiap bulan Rajab, tepatnya 27 Rajab sering diperingati sebagai hari Isra Mi’raj.

Selain itu, keutamaan bulan Rajab juga banyak sekali. Ada beberapa amalan sunnah yang bisa dikerjakan. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia untuk meningkatkan amalan-amalan kita.

Saat bulan Rajab tiba, Rasulullah selalu berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban, lalu pertemukanlah kami di Bulan Ramadhan.

Demikian mulianya bulan Rajab, sehingga Allah berfirman dalam surah At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلاَ تَظْلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ وَقَاتِلُواْ الْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَآفَّةً وَاعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Surah Al-Quran di atas dicopy dari The Noble Quran

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ada 12 bulan, dalam ketetapan Allah waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antaranya ada 4 bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di dalam bulan yang empat tersebut. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Beberapa ahli tafsir sepakat bahwa empat bulan mulia tersebut adalah Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Beberapa Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Ada beberapa peristiwa penting terjadi selama bulan Rajab yang perlu kamu ketahui:

  1. Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad. Nabi Muhammad pergi ke langit ketujuh pada malam 27 Rajab.
  2. Diperintahkannya shalat 5 waktu kepada umat Islam. Perintah ini terjadi di sela-sela Nabi Muhammad melakukan perjalanan langitnya.
  3. Nabi Muhammad memenangkan Perang Tabuk. Perang umat Islam melawan pasukan Romawi terjadi pada tahun 9 H.
  4. Arah kiblat umat Islam telah dipindahkan menghadap Kakbah.
  5. Sekitar tahun 14 H, umat Islam berhasil merebut Kota Damaskus dari Romawi. Itu juga terjadi di bulan Rajab. Selanjutnya pada 15 H, pasukan Islam juga memenangkan Perang Yarmuk.
  6. Salahuddin Al Ayubi membebaskan Baitul Maqdis dari Tentara Salib. Kemenangan besar umat Islam ini terjadi pada 27 Rajab 583 H.

Isra Mi’raj Nabi Muhammad

Para sejarawan berbeda pendapat tentang kapan Nabi Muhammad melakukan isra mi’raj. Ada yang mengatakan peristiwa penting di bulan Rajab ini terjadi pada tahun pertama sebelum Hijriah. Namun pendapat muktamad menyebutkan bahwa peristiwa penting di bulan Rajab ini terjadi tanggal 27 Rajab pada tahun ke-10 kenabian Muhammad.

Nabi Muhammad melakukan perjalanan lintas waktu dengan menggunakan Buraq. Kendaraan yang terbang melebihi kekuatan cahaya ini mampu mengantarkan Nabi Muhammad pulang pergi hingga ke langit ketujuh hanya pada satu malam. Sulit dipercaya memang! Hanya orang beriman yang mempercayainya.

Selama “diperjalankan” oleh Allah, Nabi Muhammad bertemu dengan pendahulu-pendahulunya para Nabi dan Rasul Allah.

Hadiah terbesar dari perjalanan Nabi Muhammad di malam mi’raj ini adalah perintah wajib shalat 5 waktu sehari semalam.

Sungguh tak terbayangkan jika seandainya shalat wajib ini dilakukan seperti kaum terdahulu. Ada yang sampai 50 kali dalam sehari semalam. Nabi Muhammad tahu bagaimana kondisi umatnya. Beliau meminta kepada Tuhan untuk mengurang jatah shalat wajib tersebut.

Jadilah perintah shalat yang wajib kita kerjakan menjadi 5 waktu dalam sehari semalam, yaitu shubuh, zhuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Nah, kita harus bersyukur kepada Allah dan Nabi Muhammad karena telah memberi keringanan waktu. Salah satu cara kita bersyukur adalah melaksanakan shalat wajib 5 waktu tersebut.

Bagi kamu yang masih bolong shalatnya, mari kita berubah. Jagalah shalat wajib 5 waktu tersebut. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *