Punya Stock Foto? Shutterstok Siap Menjual Foto Anda!

Punya Stock Foto? Shutterstok Siap Menjual Foto Anda!

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi dan ingin menjual foto-foto Anda, Shutterstock siap menjual foto-foto Anda kepada setiap konsumennya.

Shutterstock adalah sebuah platform untuk membantu kreatifitas profesional yang ingin menjual karya mereka dengan harga yang wajar. Ada beberapa produk yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen internasional, seperti foto, vektor, dan video dan musik pendek. Setiap karya Anda akan ditinjau oleh tim ahli apakah karya tersebut layak dijual atau tidak. 

Tapi jangan takut. Shutterstock tidak membebankan kontributornya dengan aturan yang rumit seperti stock-stock sebelah asalkan karya Anda memenuhi syarat.

Shutterstock membantu menginspirasi para pengembang atau kelompok bisnis yang membutuhkan ide untuk karya-karya mereka. Shutterstock memiliki cakupan yang luas di seluruh dunia dan inilah salah satu kekuatan platform ini.

Lalu apa keuntungan menjual karya Anda di Shutterstock?

Terbukti membayar

Dalam perjalanannya selama 15 terakhir, Shutterstock telah membayar kontributornya dengan tepat waktu. Shutterstock mengklaim telah membantu kontributornya dalam menjual karya-karya mereka dalam 15 tahun ini sebesar 1 milyar dollar. Sebuah angka yang fantastis bagi platform penyedia jasa jual beli karya. Tak perlu diragukan lagi jika Shutterstock menjadi banyak pilihan bagi kontributor karya yang ingin karya mereka dijual.

Memiliki komunitas global yang kuat

Shutterstock memiliki komunitas global di seluruh dunia. Anda bisa bergabung bersama-sama komunitas di dunia mana pun dengan saling berbagi ilmu dan pengalaman. Dengan adanya komunitas ini kita semakin percaya diri untuk membagikan karya-karya kita di sini.

Mudah digunakan

Untuk mengupload karya Anda sangatlah mudah. Anda hanya perlu menekan tombol upload, dan tunggulah sesaat. Untuk keyword pun kita tak perlu susah payah memikirkannya lagi. Sistem akan menganalisa karya Anda dan memberikan banyak pilihan keyword yang Anda inginkan. Jika pun keyword tersebut tidak dibutuhkan, Anda bisa mengetik keyword lain yang sesuai dengan harapan Anda.

Memiliki pasar global yang luas

Pelanggan Shutterstock mencakup hampir di seluruh dunia. Kita tidak perlu khawatir terhadap calon pembeli. Perusahaan-perusahaan besar dan media-media besar internasional sering memakai jasa platform ini. Anda jangan heran jika suatu saat karya Anda terpampang di papan iklan di belahan dunia lain. Ya, akses platform ini tak terbatas cakupannya.

Tersedia dalam aplikasi android

Untuk memudahkan kerja Anda, platform ini juga menyediakan aplikasi mobile yang bisa Anda unduh di Playstore maupun di Apple Store. Keberadaan aplikasi android ini sangat memudahkan kontributor. Kita bebas mengunggah karya kita tanpa khawatir terjadinya penurunan kualitas karya. Selain itu kita bisa menghemat waktu kita di sela-sela kegiatan yang super sibuk.

Bagaimana Shutterstock membayar karya kita?

Punya Stock Foto? Shutterstok Siap Menjual Foto Anda!

Karya akan abadi di platform ini. Artinya karya kita akan tetap dibayar seumur hidup meskipun diunduh jutaan kali oleh para pembeli. Kita tidak perlu khawatir akan kehilangan hak cipta kita karena platform ini telah melindungi hak karya kita. Calon pembeli bisa juga membeli karya kita secara permanen. Shutterstock akan memfasilitasi kita dengan calon pembeli tersebut. Kita bisa menentukan harga sendiri dan jika calon pembeli setuju, maka karya kita akan ditarik dari platform karena telah dibeli secara permanen.

Untuk setiap karya yang didownload, kita akan dihargai sebesar $0.25, namun jika akun kita sudah pernah mencapai batas $500-$3.000, maka karya kita akan dihargai sebesar $0.33 per download. Pendapatan akan terus meningkat seiring dengan capaian-capaian yang telah ditentukan. Untuk ilustrasi bisa dilihat di gambar di atas.

Pengalaman pribadi selama menjadi kontributor Shutterstock

Selama bergabung di sini, saya kurang aktif mengirimkan karya foto saya. Kesibukan saya sebagai seorang guru membuat saya jarang hunting foto. Disarankan bagi Anda yang ingin berkontribusi di sini harus rutin mengirimkan karya paling tidak 10 karya setiap hari. Semakin banyak karya kita yang diapprove maka akan semakin besar peluang bagi karya kita untuk dibeli.

Jika Anda ingin melihat karya saya bisa klik portofolio Shutterstock. Di sini berisi portofolio karya-karya saya.

Awalnya tidak mudah untuk menjual karya di sini. Banyak foto saya ditolak dengan berbagai alasan. Penolakan yang paling sering terjadi misalnya:

  1. Fokus, subyek utama dalam foto kurang fokus 
  2. Noise, terlalu banyak butiran pasir dalam foto jika diperbesar sedimikian rupa
  3. Melanggar aturan rilis, untuk subyek orang atau karya seni atau kepemilikian suatu tempat kita harus menyertakan rilis pertanggungjawaban yang dapat Anda unduh di platform. Walaupun persyaratan menjadi kontributor sangat mudah, namun Shutterstock sangat memperhatikan hal ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari

Untuk memperbaiki alasan penolakan karya, kita bisa mempelajari lebih lanjut melalui forum atau mencari solusi dengan mengklik tautan perbaikan.

Nah, selama menjadi kontributor di sini, berapa yang sudah saya dapatkan? (Kalau pendapatan meningkat akan saya update artikel ini)

Punya Stock Foto? Shutterstok Siap Menjual Foto Anda!

Sejak dua bulan saya bergabung di sini saya sudah mengunggah sebanyak 87 lembar foto dan baru menghasilkan $0.50, artinya baru dua kali karya saya dibeli. Tapi saya tetap semangat. Jika saya konsisten di sini, saya yakin akan bisa mengumpulkan pundi-pundi dollar dan rekening Paypal saya akan terus bertambah. (Doakan saya yaa…..)

2 thoughts on “Punya Stock Foto? Shutterstok Siap Menjual Foto Anda!”

  1. main SS yang penting konsisten update mas. dan baru terasa setelah 2 ribuan stock. anyway sy juga masih berjuang untuk mengupload sebanyak mungkin. sukses buat kita semua. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *