Putri Merak dan Karnaval 17 Agustus

Putri Merak dan Karnaval 17 Agustus
Salah satu penampilan seorang peserta karnaval 17 Agustus dengan kostum Putri Merak

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kostum favorit saat karnaval 17 Agustus adalah kostum Putri Merak. Sebenarnya banyak kostum lain yang juga menjadi favorit para peserta karnaval, misalnya baju adat daerah, kostum Putri Kipas, kostum Putri Ranup (Putri Sirih), dan lain-lain.

Saat berlangsungnya karnaval 17 Agustus 2019 silam, saya malah tertarik dengan kostum Putri Merak. Kostum ini tampak lebih anggun dan indah, apalagi yang mengenakannya adalah seorang gadis jelita. Keindahan Si Putri Merak akan bertambah berlipat-lipat. Saya memiliki beberapa koleksi foto Si Putri Merak, namun di dalam postingan ini saya hanya menyertakan beberapa lembar saja.

Kostum Putri Merak disewa dengan harga yang bervariasi, tergantung kepada penyedia jasanya. Di Lhokseumawe, penyewaan kostum untuk karnaval berkisar antara Rp 300.000 bahkan ada yang harganya mencapai jutaan rupiah lengkap dengan tata riasannya. Sedangkan kostum Putri Merak ada yang disewakan seharga 500-an ribu rupiah.

Keindahan Putri Merak

Sesuai dengan namanya, merak merupakan burung yang sangat indah. Letak keindahannya terpusat pada warna-warni ekor merak. Jika burung merak mengembangkan ekornya, maka kita akan melihat keindahan dan kecantikan makhluk Tuhan. Kita patut berdecak kagum pada makhluk yang satu ini. Bulu-bulu merak dengan aneka keindahan warnanya tidak bisa tidak akan mengingatkan kita pada seorang gadis yang jelita.

Nah, itulah filosofi yang bisa dilihat dari kostum Putri Merak. Kostum ini pada dasarnya adalah kostum biasa, tapi yang membuatnya luar biasa adalah duplikasi ekor merak yang diikatkan pada pinggang si pemakai kostum ini. Ekor merak ini dapat dengan leluasa dikembangkan atau ditutup sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna kostum dalam berjalan.

Putri Merak dan Karnaval 17 Agustus
Kostum Putri Merak lebih fleksibel dibandingkan kostum berat lainnya

Benarkah Putri Merak “membawa berkah” dalam barisan karnaval?

Kehadiran Putri Merak dalam barisan karnaval menjadi nilai plus tersendiri. Jika pemimpin barisan karnaval tahu cara menempatkan komposisi barisannya, pemilihan kostum bagi para peserta, kerapian barisan saat karnaval, tentu ini menjadi pertimbangan bagi para juri yang menyusup di antara para penonton. 
Jadi, Putri Merak tidak memberi pengaruh apa pun terhadap barisan karnaval. Artinya ketidakhadiran Putri Merak dalam barisan karnaval tidak berdampak pada penilaian. Hanya saja, dari pengamatan saya, setiap barisan karnaval yang di dalamnya terdapat Putri Merak biasanya kerap mendapat juara. Itulah yang pernah dialami oleh sekolah tempat di mana saya mengajar. Selama tiga tahun belakangan ini, sekolah kami selalu mendapatkan tiga besar dengan mengandalkan kehadiran Putri Merak.
Putri Merak dan Karnaval 17 Agustus
Kehadiran Putri Merak membawa berkah bagi sekolah kami
Putri Merak selalu menjadi pilihan di sekolah kami. Pemimpin karnaval menempatkan kedua Putri Merak di tengah-tengah barisan antara barisan laki-laki dan barisan perempuan. Putri Merak menjadi pewarna dalam barisan karnaval. Keindahan Putri Merak tidak hanya terlihat pada ekor duplikat merak yang dikaitkan di pinggang para peserta, tapi keindahan Putri Merak juga terpancar pada kejelitaan wajah mereka.
Kostum Putri Merak dengan berbagai variasinya tidak pernah alpa memberikan kami juara. Kami memilih murid-murid yang siap secara fisik dan materi untuk menempati posisi Putri Merak dengan memberikan kebebasan kepada mereka untuk terlebih dahulu mengajukan diri mereka. Siapa pun boleh menjadi Putri Merak dengan dua syarat di atas, siap secara fisik maupun materi. Karena fisik yang sehat akan membuat peserta sanggup berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan. Sedangkan siap secara materi mengharuskan siswa untuk menyewa kostum Putri Merak secara mandiri.
Apakah ada yang ingin mencoba kostum Putri Merak???

0 thoughts on “Putri Merak dan Karnaval 17 Agustus”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *