Sensasi Pemandian Air Panas Ie-Seuum

ie-seuum, air panas, wisata aceh besar
Pemandian air panas Ie-Seuum semakin ramai dikunjungi.

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Aceh Besar adalah Taman Wisata Pemandian Air Panas “Ie-Seuum” yang terletak di Desa Ie Seuum Kecamatan Mesjid Raya. Lokasi ini terbuka bagi umum selama 24 jam. Pemandian air panas Desa Ie-Seuum tidak terlalu jauh dari Pantai Pasir Putih Lhok Mee.

Sebelum tsunami menimpa Aceh, Ie-Seuum hanyalah sebuah desa terpencil yang jarang diketahui oleh wisatawan. Hanya penduduk sekitar dan beberapa penduduk Banda Aceh yang mengunjungi pemandian air panas ini. Saat itu akses jalan menuju lokasi wisata masih buruk. Tapi setelah tsunami, taman wisata dari Desa Ie-Seuum segera berbenah dan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Pemandian air panas Ie-Seuum menyajikan keindahan alamnya yang berbukit-bukit. Tidak jarang para pengunjung mendaki bukit dengan bebatuan berbau belerang.

wisata aceh besar, ie-seuum
Taman wisata Ie-Seuum terus berbenah

Salah satu bukit yang bertuliskan Taman Wisata Ie-Seuum Aceh Besar pada gambar ini juga kerap didaki oleh para pengunjung.

Di lokasi wisata ini telah dibangun dua kolam air panas besar. Kolam ini diperuntukkan bagi pengunjung laki-laki dan pengunjung perempuan. Sesuai dengan aturan syari’at Islam yang berlaku di Aceh, tempat-tempat tertentu harus dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.

Untuk masuk ke dalam kolam ini, Anda diharuskan untuk membayar biaya masuk lebih kurang lima ribu rupiah per orang (kalau saya tidak salah). Kadang-kadang juga pihak pengelola memberikan keringanan biaya masuk apabila melebihi dari beberapa orang (pintar-pintar kita untuk meminta diskon, hehe).

Sensasi saat berendam di air panas

Apakah Anda pernah berendam di air panas? Apa yang Anda rasakan?

Beberapa orang mengalami sensasi yang luar biasa. Konon kata orang-orang, pemandian air panas di sini dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti kurap, panu, kudis, atau gatal-gatal lainnya.

Percaya atau tidak, silakan buktikan sendiri (hehe). Tapi jika dilihat dari adanya unsur belerang di pemandian air panas Ie-Seuum, hal ini mungkin saja benar. Belerang telah lama digunakan untuk mengobati masalah kulit dalam bidang farmasi. Fungsi belerang untuk kulit dapat membunuh bakteri, jamur, dan parasit tungau.

anak-anak aceh besar,
Anak-anak sangat puas setelah berendam di air panas Ie-Seuum

Belerang yang dimanfaatkan dengan benar juga bisa menyembuhkan jerawat dan radang sendi. Tapi jangan salah kaprah, tidak semua tubuh manusia bisa menerima belerang dalam air panas tersebut. Jika terjadi demikian yang ditandai dengan iritasi kulit saat berendam, sebaiknya dihentikan saja.

Air panas Ie-Seuum juga dimanfaatkan oleh pengelola untuk menyediakan mandi sauna atau mandi uap. Manfaat mandi uap salah satunya dapat membuat rileks, membersihkan pori-pori dan meredakan nyeri sendi. Biasanya bapak-bapak atau ibu-ibu berusia lanjut lebih senang mandi sauna ketimbang berendam di air panas.

ie-seuum, mandi sauna air panas
Mandi sauna atau mandi uap di lokasi wisata Ie-Seuum

Sensasi lain yang tak kalah menariknya adalah merebus telur. Para pengunjung biasanya membawa beberapa butir telur dan mie instan saat ke sini. Telur langsung direbus di dalam air panas. Sedangkan mie instan diseduh dengan air panas yang dapat ditemukan di warung-warung sekitar.

air panas, merebus telur, ie-seuum
Seorang anak memanfaatkan air panas untuk merebus telur

Pengunjung taman wisata Ie-Seuum berasal dari berbagai kalangan dan usia. Anak-anak di bawah lima tahun juga disediakan kolam khusus yang tidak terlalu dalam.

Jadi, pemandian air panas Ie-Seuum sangat ramah bagi anak-anak yang ingin merasakan hangatnya berendam air panas.

ekspresi anak-anak, mandi kolam
Kolam khusus bagi anak-anak di bawah lima tahun

Kekurangan lokasi wisata pemandian air panas Ie-Seuum

Lokasi wisata ini juga tak luput dari beberapa kekurangan dan sebaiknya harus segera diatasi oleh pihak pengelola. Kekurangan ini berdasarkan pengalaman yang saya alami. Kekurangan tersebut antara lain:

  • Tidak tersedianya air saat buang air kecil di toilet
  • Air untuk berwudhu sangat minim
  • Sampah masih banyak berserakan (tidak bersih)
Tapi kekurangan-kekurangan di atas tidak menghilangkan rasa puas bagi para pengunjung usai berendam di air. Kita berharap kekurangan di atas dapat teratasi untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.
Akhirnya sebelum pulang ke rumah, sempatkan dulu untuk menikmati secangkir kopi tubruk yang nikmat ala Ie-Seuum.
kopi tubruk, kopi tubruk ie-seuum
Kopi tubruk ala Ie-Seuum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *