Tentang CrossFit, Olahraga dengan Intensitas Tinggi

Latihan crossfit

Olah raga CrossFit tiba-tiba mulai dikenal karena dikaitkan dengan meninggalnya Ashraf Sinclair. Pola latihan yang cukup keras dan disiplin ketat menyebabkan olahraga ini menjadi sangat ekstrem. Di dalam artikel ini, kita hanya akan membahas tentang olahraga crossfit. Bukan tentang penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair.

CrossFit mulai diperkenalkan oleh Greg Glassman sekitar tahun 1990-an. Greg Glassman merupakan mantan atlet senam dan personal trainer. Pada tahun 1995, di Santa Cruz California, Greg Glassman mendirikan pusat latihan CrossFit pertama. Selanjutnya olahraga kebugaran CrossFit mulai dikenal di beberapa belahan dunia.

Tentang CrossFit

CrossFit merupakan kunci kesehatan dan kebugaran. CrossFit adalah gaya hidup ditandai dengan olah raga yang aman, efektif, dan cukup nutrisi. Program ini dapat dilakukan oleh setiap orang untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi, crossfit dapat dipahami sebagai sebuah latihan kebugaran dengan gerakan fungsional dengan intensitas yang tinggi. Istilah lainnya, olahraga ini merupakan perpaduan dari gerakan-gerakan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya berlari, angkat beban, maupun senam.

Yang menjadikan crossfit kelihatan ekstrem adalah dalam penekanan intensitasnya yang tinggi. Artinya, latihan-latihan tersebut dilakukan dengan angka rutin. Katakanlah kita harus melakukan sit up sebanyak 100 kali atau lebih, begitu juga dengan push up 100 kali lebih, atau latihan berat lainnya. Karena itulah Greg Glassman memperkenalkan crossfit untuk diterapkan dalam latihan-latihan militer untuk membentuk fisik yang kuat.

Berbahayakah CrossFit?

Sebaiknya Anda tidak melakukan latihan crossfit tanpa dipandu oleh pelatih. Olahraga apa pun jika tidak dilakukan dengan benar akan menyebabkan cedera, malah bisa menyebabkan serangan jantung. Meskipun crossfit sudah mulai digandrungi untuk membentuk fisik yang kuat, tapi perlu diperhatikan juga faktor ketahanan dari masing-masing individu.

latihan crossfit
Suasana latihan crossfit di sebuah gym. Gambar dari Wikimedia Commons.

Manfaat Olahraga CrossFit

Meskipun dianggap ekstrem, olahraga crossfit memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:

  • Membakar banyak kalori; latihan-latihan dalam crossfit dilakukan dengan intensitas yang tinggi sehingga dapat membakar kalori dalam tubuh kita.
  • Meningkatkan pergerakan sendi; gerakan-gerakan crossfit yang fleksibel membantu pergerakan sendi kita.
  • Meningkatkan kesehatan fisik; olahraga apa pun mampu meningkatkan kesehatan fisik, tapi crossfit mampu memberi nilai lebih.
  • Menyenangkan; manfaat lain dari crossfit adalah memberi rasa senang kepada kita. Gerakan crossfit tidak monoton dan banyak variasi sehingga kita tidak terfokus pada satu atau dua gerakan saja. Ini sangat kompleks.
  • Komunitas yang kuat; pusat kebugaran membangun sebuah komunitas yang baik. Kita dapat berkenalan dengan orang-orang lain dengan latihan bersama, tentu juga menyenangkan.
  • Memperbaiki gaya hidup; bagi Anda yang melakukan latihan crossfit secara rutin juga harus memperhatikan nutrisi dan makanan. Hal ini menjadikan Anda untuk lebih menjaga gaya hidup, pola makan yang sehat, dan cukup istirahat.

Intensitas yang Tinggi

Olahraga dengan intensitas tinggi menjadi pro dan kontra di berbagai kalangan. Bagi yang pro, olahraga dengan intensitas tinggi mungkin dibutuhkan untuk membentuk kesehatan fisik yang menyeluruh dan mencapai tujuan yang diharapkan. Latihan dengan intensitas tinggi memiliki target terntentu dan harus tercapai dalam waktu yang direncanakan.

Bagi yang kontra, olahraga dengan intensitas tinggi tidak diperlukan. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan atau berlatih terlalu keras akan meningkatkan denyut jantung Anda. Bahkan denyut jantung ini akan mencapai angka yang maksimal. Jika kondisi tubuh seseorang tidak mampu menerimanya, maka akan mencederai seseorang bahkan bisa berujung pada kematian.

Kesimpulannya, melakukan olahraga harus disesuaikan dengan faktor fisik dan kondisi tubuh. Jangan terlalu memaksakan diri untuk berlatih terlalu keras. Crossfit bisa dilakukan oleh siapa saja tapi harus memperhatikan juga kondisi fisik. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *